Pembiasaan Perilaku Sesuai Nilai-Nilai Pancasila

Pembiasaan sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila tersebut sangat penting dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini dikarenakan Pancasila merupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia. Pembiasaan tersebut dapat dilakukan di beberapa lingkungan berikut ini.

1. Lingkungan Sekolah

Salah satu contoh menerapkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di sekolah. yaitu dengan membiasakan bermusyawarah dalam menyelesaikan berbagai persoalan bersama di sekolah. Hal ini penting karena teman kita berbeda-beda. Berbagai perbedaan pendapat akan lebih mudah disatukan melalui musyawarah. Keputusan yang diambil juga menjadi keputusan bersama. Sehingga dapat mempererat semangat kebersamaan di sekolah. Tanpa musyawarah, perbedaan yang ada bukannya saling melengkapi, tetapi justru akan saling bertentangan. Oleh karena itu, kita harus membiasakan dan membudayakan bermusyawarah di sekolah sehingga kerukunan hidup di lingkungan sekolah akan dapat terjaga.

Di samping itu, lingkungan sekolah juga merupakan tempat yang sangat strategis untuk membina dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam perilaku keseharian siswa. Beberapa contoh perilaku dan sikap lainnya yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di antaranya sebagai berikut.
  • Menaati tata tertib sekolah.
  • Mengerjakan tugas sekolah dari guru dengan baik.
  • Tidak menyontek ketika ulangan.
  • Berteman dengan semua teman di sekolah tanpa membedakan suku bangsa dan agamanya.

2. Lingkungan Pergaulan

Setiap hari kita hidup bersama dan bergaul dengan orang lain, baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Di dalam pergaulan dan interaksi sosial dengan orang lain kita harus dapat berperilaku yang baik. Berperilaku yang baik maksudnya setiap tutur kata, sikap dan tindakan kita di dalam pergaulan dengan orang lain tersebut harus mencerminkan atau menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.
Berikut ini beberapa contoh sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.
  • Menghargai pendapat teman.
  • Tidak menyakiti hati teman.
  • Mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan masalah dengan teman.
  • Bekerja sama dan gotong royong dengan teman dalam hal kebaikan.

3. Lingkungan Masyarakat

Di dalam lingkungan masyarakat pelaksanaan nilai-nilai luhur Pancasila dalam sikap, perilaku dan cara bertutur kata sangat penting karena di dalam masyarakat kita bergaul, berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain yang memiliki karakter, sifat, watak, dan kepribadian yang berbeda-beda. Sehingga kita perlu pedoman dalam bersikap, perilaku dan cara bertutur kata dalam berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain di masyarakat agar tidak terjadi perselisihan dan pertentangan serta untuk menjaga kerukunan dan ketenteraman dalam masyarakat.

Berikut ini beberapa contoh sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila yang dapat kita lakukan dalam masyarakat.
  • Di dalam kehidupan bersama di masyarakat saling toleransi antarumat beragama.
  • Menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat sekitar dengan musyawarah misalnya melalui rapat RT atau rapat di balai desa.
  • Untuk menjaga keamanan bersama, setiap warga ikut serta dalam kegiatan pos ronda.
  • Mengikuti kegiatan kerja bakti dan gotong royong dengan baik yang diadakan di lingkungan masyarakat sekitar kita.

4. Lingkungan Bangsa dan Negara

Masyarakat Indonesia yang multi kultur memiliki beraneka ragam suku, agama, ras, dan antar golongan yang berbeda-beda. Sehingga lingkungan masyarakat merupakan aspek penting dalam pelaksanaan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Selain untuk menjaga kerukunan, ketenteraman serta persatuan dan kesatuan bangsa juga untuk menjaga agar nilai-nilai Pancasila tetap lestari dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, bangsa, dan negara kita.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pembiasaan Perilaku Sesuai Nilai-Nilai Pancasila"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top