Soal PTS/UTS PPKn Kelas 9 Semester Gasal Kurikulum 2013

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan di antara A, B, C, atau D dengan menghitamkan pada lembar jawab komputer yang tersedia!

1. Istilah Ideologi dibangun dari dua kata yaitu idea yang berarti ….
  • Bentuk
  • Ilmu
  • Gagasan
  • Akal
2. Berikut latar belakang Pancasila dijadikan sebagai ideologi negara adalah……
  • Ideologi Pancasila sebagai mengemban tugas masa depan
  • Nilai – nilai Pancasila telah tercermin dan teramalkan
  • Proses sejarah bangsa Indonesia
  • Menutup diri dari pergaulan dunia internasional
3. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara tercantum dengan jelas dalam ......
  • Pembukaan UUD 1945 Alenia 1
  • Pembukaan UUD 1945 Alenia 2
  • Pembukaan UUD 1945 Alenia 3
  • Pembukaan UUD 1945 Alenia 4
4. Makna Pancasila sebagai dasar negara adalah dasar berdiri dan tegaknya negara artinya Pancasila sebagai dasar pembentukan negara telah dibuktikan …
  • Melalui sejarah
  • Melalui perjuangan
  • Melalui peperangan
  • Melalui pengorbanan
5. Dasar negara bagi suatu negara merupakan suatu dasar untuk ……
  • Menciptakan peraturan perundang –undangan
  • Mewujudkan masyarakat adil dan makmur
  • Mengatur kehidupan warga negara
  • Mengatur penyelenggaraan negara
6. Pentingnya ideologi negara adalah sebagai .....dalam menyelesaikan / memecahkan masalah POLEKSOSBUDHANKAM yang dalam gerak masyarakat yang maju
  • Pegangan dan pedoman
  • Tuntunan dan tuntutan
  • Tuntunan dan pegangan
  • Pegangan dan pengayoman
7. Pemberontakan PKI madium pada tanggal 18 September 1948 dan ingin mengantikan ideologi Pancasila dengan ideologi ..............
  • Liberal
  • Komunis
  • Kapitalis
  • Pancasila
8. Ideologi komunis bertentangan dengan sila pertama karena …..
  • menganut paham ateis
  • menghilangnya negara
  • adanya penghausan kelas kelas sosial
  • adanya penghapusan hak pribadi
9. Pemberontrakan DI / TII dipimpin oleh sekarmaji marijan kartosuwiryo pada tanggal….
  • 15 Agustus 1949
  • 17 Agustus 1949
  • 16 Agustus 1949
  • 18 Agustus 1949
10. Pada periode 1950-1959 penerapan dasar negara lebih diarahkan pada ideologi……
  • Pancasila
  • liberal
  • Komunis
  • Sosialis
11. Pada periode 1950 – 1959 persatuan dan kesatuan mendapat tantangan yang berat dengan munculnya berbagai pemberontakan antaralain….
  • Pemberontakan RMS
  • Pemberontakan GAM
  • Pemberontakan DI / TII
  • Pemberontakan PKI
12. Anggota konstituante hasil pemilu tidak dapat menyusun UUD seperti yang diharapkan.Hal ini menimbulkan krisis politik , ekonomi , dan keamanan ,menyebabkan pemerintah mengeluarkan dekrit presiden tanggal…..
  • 3 Juli 1959
  • 4 Juli 1959
  • 5 Juli 1959
  • 6 Juli 1959
13. Berikut yang bukan bentuk penyimpangan – penyimpangan yang terjadi pada masa demokrasi terpimpin adalah……
  • Berlakunya kembali UUD 1945
  • Menggabung nasionalis agama dan komunis ( Nasakom )
  • presiden diangkat seumur hidup
  • Pembekuan konstituante
14. Pada masa orde baru mempunyai keinginan tekad untuk ….
  • Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen
  • Membubarkan dewan konstituante
  • Berlakunya kembali UUD 1945 dan tidak berlakunya UUDS 1950
  • Dibentuknya MPRS
15. Pada masa reformasi penerapan Pancasila tidak lagi dihadapkan pada ancaman pemberontakan akan tetapi dihadapkan pada kondisi kehidupan masyarakat yang diwarnai yang serba bebas akan tetapi ada positip dan negative .dibawah ini yang bukan termasuk dampak negative adalah…..
  • Pergaulan bebas
  • pola komunikasi yang tidak beretika
  • Tawuran antar pelajar
  • kreatifitas menjadi berkembang
16. Perhatikan pernyataan berikut ini !
  1. Sistem pemikiran yang terbuka
  2. Sistem pemikiran yang tertutup
  3. Nilai – nilai dan cita – citanya tidak dipaksakan dari luar melainkan di gali dan diambil dari harta kekayaan rohani ,moral dan budaya masyarakat itu sendiri
  4. Dasar pembentukannya adalah cita – cita atau keyakinan ideologis perseorangan atau satu kelompok orang
  5. Tidak hanya dibenarkan melainkan dibutuhkan oleh seluruh warga masyarakat
Dari pernyataan tersebut yang merupakan ciri – ciri ideologi terbuka ditunjukkan nomor….
  • 1, 2 dan 3
  • 3 ,4 ,dan 5
  • 2 , 3 dan 4
  • 1 ,3 dan 5
17. Nilai – nilai Pancasila tidak berubah namun pelaksanaanya disesuiakan dengan kebutuhan dan tantangan nyata kita hadapi dalam setiap waktu. Hal ini untuk menegaskan bahwa ideologi Pancasila bersifat….
  • aktual, dinamis, dan materalis
  • dinamis, antisipatif, dan kreatif
  • antisipatif, dinamis, dan tertutup
  • aktual, dinamis, dan antisipatif
18. Pancasila memiliki keluwesan yang memungkinkan dan bahkan merangsang pengembangan pemikiran pemikran baru yang relevan tentang dirinya tanpa menghilangkan atau menginkari hakikat yang terkandung dalam nilai – nilai dasar hal ini sesuai makna ….
  • Dimensi realitas
  • dimensi idealisme
  • Dimensi normatife
  • dimensi fleksibilitas
19. Contoh sikap positif yang sesuai dengan nilai persatuan adalah sikap….

  • Mengakui bahwa semua umat manusia adalah bersaudara
  • Hormat – menghormati dan bekerj sama dengan bangsa lain
  • Cinta akan kemajuan dan pembangunan
  • Cinta tanah air dan bangsanya
20. Gambaran kehidupan bangsa Indonesia yang diharapkan adalah kehidupan yang….
  • Didukung kemajuan ekonomi yang pesat
  • Dilengkapi dengan sistem dan teknologi yng modern
  • Adil dan makmur dilandasi nilai – nilai luhur Pancasila
  • Penuh kemewahan , kebebasan , dan kenikmatan
21. Sikap tepat dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekan RI adalah….
  • Tidak berani berterus terang dalam segala masalah
  • Mengutamakan kepenting pribadi dan golongan
  • Ikut serta dalam mempertahankan milik orang lain
  • Ikut serta dalam mempertahankan bangsa dan negara sesuai dengan kemampuan
22. Landasana operasional sistem perekonomian yang berdasarkan nilai nilai Pancasila
ditegaskan dalam UUD NRI1945 …..
  • Pasal 31
  • Pasal 32
  • Pasal 33
  • Pasal 34
23. Perwujudan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah …
  • Memaksakan kehendak kepada orang lain
  • Memberikan bantu kepada pada korban bencana alam
  • Membeda – bedakan suku agama adat dan ras dalam bergaul
  • melaksanakan hasil keputusan sesuka
24. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara merupakan
bunyi pasal ….
  • Pasal 27 Ayat 1
  • Pasal 27 Ayat 3
  • Pasal 27 Ayat 2
  • Pasal 27 Ayat 4
25. Bentuk perwujudan nilai – nilai Pancasila dibidang pertahanan dan keamanan dilingkungan masyarakata adalah….
  • Melaksanakan siskamling
  • Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur
  • Melestarikan budaya daerah
  • Mengunakan hak pilihnya dalam pemilu
26. Sebagai generasi muda untuk tetap mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional. Upaya mempertahankan Pancasila dengan cara…
  • menghayati ,mempelajari dan mengamalkan nilai nilai Pancasila
  • mengenang jasa para pahlawan
  • mengagumi hasilkarya para pahlawan
  • mengabaikan niali- nilai pancasila dalam kehidupan
27. Pancasila dapat dipastikan bukan merupakan ideologi tertutup tetapi ideologi terbuka, meskipun demikian keterbukan pancasila bukan berarti tanpa batas .Keterbukaan Pancasila harus selalu memperhatikan beberapa hal antara lain….
  • Menciptakan kekacuan diberbagai daerah
  • Stabilitas nasional yang dinamis
  • Memasukan pemikiran pemikiran nilai nilai komunis
  • Mengembangkan paham liberal
28. Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki makna bahwa pancasila memiliki nilai – nilai dasar yang tetap dan tidak dapat berubah.nilai dasar ini diwujudkan dalam nilai…
  • instrumen dan praktis
  • dasar dan fleksibel
  • realitas dan praktis
  • instrumen dan fleksibel
29. Kewajiban seorang siswa terhadap Pancasila sebagai dasar negara Indonesia adalah ..
  • mempelajari sejarah lahirnya Pancasila
  • mempelajari , mengamalkan , dan mempertahankan Pancasila
  • menghafalkan sampai lancar
  • mengkaji kebenaran Pancasila melalui diskusi
30. Undang – undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia di tetapkan oleh….
  • Panitia Sembilan
  • Panitia Kecil
  • BPUPKI
  • PPKI
31. Istilah konstitusi menurut bahasa Inggris adalah …..
  • Constituir
  • Constite
  • Grund gezets
  • Constitution
32. Perumusan Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memiliki kesejarahan yang tinggi .Pelajaran yang dapat diambil dari proses perumusan tersebut ialah….
  • menghormati pendapat orang lain dalam musyawarah
  • mempertahankan argumentasi meskipun tidak diterima anggota
  • menghormati isi musyawarah tetapi tidak melaksanakan
  • menentukan keputusan secara sepihak agar pelaksanaan musyawarah berjalan lebih cepat
33. Aturan - aturan yang timbul dan dipelihara dalam prakte dalam penyelenggaraan negara meskipun tidak tertulis disebut ….
  • Konstitusi
  • Traktat
  • Konvensi
  • Yurispudensi
34. Jumlah pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 adalah …
  • 1 pokok pikiran
  • 3 pokok pikiran
  • 2 pokok pikiran
  • 4 pokok pikiran
35. Dibawah ini yang bukan merupakan fungsi dari UUD 1945 adalah ….
  • Pedoman atau acuan dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Sebagai penentu dan pembatas kekuasaan lembaga negara
  • Mengatur hubungan antar lembaga negara dan warga negara
  • Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya
36. Konstitusi sering diartikan dengan istilah lain yaitu hukum...
  • dasar
  • Pidana
  • positif
  • public
37. Sikap positip terhadap nilai – nilai konstitusi hasil amandemen adalah…
  • melaksanakan isi konstitusi sesuai profesi masing – masing
  • melaksanakan ideology negara lain
  • menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu
  • mengutamakan kepentingan diri sendiri dari pada kepentingan bersama
38. Pemerintahan yang tidak didasari konstitusi biasanya............
  • lebih memikirkan kepentingan rakyat
  • bersifat sewenang – wenang terhadap rakyat
  • tidak mampu melaksanakan pembangunan
  • dibenci oleh rakyat
39. Menurut L. J Van Apeldorn hukum dasar dapat dibagi menjadi dua yaitu...
  • hukum tertulis dan pidana
  • hukum pidana dan perdata
  • hukum tidak tertulis dan perdata
  • hukum dasar tertulis dan tidak tertulis
40. Tujuan dibuatnya peraturan perundang – undangan oleh lembaga yang berwenang adalah
untuk …
  • Melindungi pejabat yang berwenang
  • embentuk semangat nasionalisme
  • Menunjukan sikap peduli
  • Menciptakan ketertiban dan keamanan

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar
1. Apa yang dimaksud dengan ideologi ?
2. Jelaskan perbedaan ideologi terbuka dan ideologi tertutup ?
3. Sebutkan perwujudan nilai – nilai pancasila dibidang sosial budaya ?
4. Sebutkan isi dekrit presiden 5 juli 1959 ?
5. Tuliskan bunyi pembukaan UUD 1945 alenia ke dua ?
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Soal PTS/UTS PPKn Kelas 9 Semester Gasal Kurikulum 2013"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top