1. PP No.66 Tahun 1951 berisi penjelasan tentang ....
- a. lagu kebangsaan
- b. lambang negara
- c. Bendera negara
- d. Bahasa negara
2. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan pepatah lama yang pernah ditulis oleh pujangga besar yaitu ....
- a. Mpu Gandring
- b. Mpu Prapanca
- c. Mpu Tantular
- d. Mpu Senduk
3. Berikut ini yang menunjukan sikap semangat hidup dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika dalam bernegara adalah ....
- a. tidak memilih pemimpin yang berbeda adat budaya
- b. berpartisipasi dalam kegiatan pemilu
- c. mengikuti festival budaya diberbagai daerah
- d. mengakui budaya bangsanya sendiri yang paling tinggi
4. Berikut yang bukan termasuk faktor penyebab keberagaman kebudayaan suku bangsa di Indonesia, adalah...
- a. pulau-pulaunya terpisah oleh laut
- b. wilayahnya terletak di antara Benua Asia dan Afrika
- c. masuknya dan menyebarnya agama-agama besar di Indonesia
- d. banyaknya kerajaan-kerajaan tua yang pernah berjaya di nusantara
5. Munculnya organisasi yang bersifat kedaerahan terbentuk berdasarkan faktor daerah asal dapat menimbulkan ....
- a. materialisme
- b. primordialisme
- c. profesionalisme
- d. strukturalisme
6. Berikut ini merupakan judul lagu daerah yang berasal dari Kalimantan Selatan adalah ....
- a. potong bebek angsa
- b. Cik-cik periuk
- c. Aayam dan lapeh
- d. ampar-ampar pisang
7. Mengembangkan sikap tenggang rasa dapat menumbuhkan ....
- a. kebersihan dan keindahan
- b. persatuan dan kesatuan
- c. kejayaan bangsa
- d. kesejahteraan warga
8. Sekumpulan manusia yang memiliki kesamaan dalam hal ciri fisik dan bersifat bawaan disebut ....
- a. budaya
- b. suku
- c. ras
- d. bahasa
9. Suku Samin berasal dari Provinsi ....
- a. Maluku
- b. Jawa Timur
- c. Sumatera Utara
- d. Jawa Tengah
10. Tari Saman merupakan tarian tradisional yang berasal dari daerah ....
- a. Aceh
- b. DIY
- c. Jawa tengah
- d. Jawa Timur
11. Berikut ini merupakan bentuk pernyataan sikap menghargai perbedaan suku bangsa, kecuali ....
- a. menjunjung tinggi persamaan budaya di masyarakat
- b. menganggap setiap suku bangsa bersaudara
- c. selalu memandang suku bangsanya lebih baik dibandingkan suku budaya yang lain
- d. menggelar diskusi kebangsaan mengenai keanekaragaman bangsa
12. Perilaku yang menganggap budaya sendiri lebih tinggi derajatnya daripada budaya lain dapat mengakibatkan kerugian dalam kehidupan masyarakat, misalnya ....
- a. pembangunan berjalan lancar
- b. disintegrasi bangsa
- c. sistem pemerintahan dikuasai bersama
- d. komunikasi antari lembaga terjalin dengan baik
13. Persebaran ras malayan mongoloid di Indonesia berada di daerah ....
- a. Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Sulawesi, dan NTB
- b. Maluku, NTT, dan Papua
- c. Tionghoa dan Jepang
- d. India, Timur Tengah, Amerika, Eropa
14. Berikut ini nilai-nilai luhur budaya yang berfungsi mempersatukan masyarakat dan bangsa Indonesia, kecuali ....
- a. sukuisme
- b. gotong royong
- c. kekeluargaan
- d. toleransi
15. Jika teman di madrasah kalian terdiri atas berbagai macam suku bangsa, hal yang sebaiknya dilakukan dalam pergaulan adalah ....
- a. memilih teman yang pandai saja
- b. bergaul dengan teman satu suku
- c. tidak bergaul dengan siapa-siapa
- d. bergaul dengan siapa saja
16. Bagi pelajar, contoh perilaku menghormati budaya daerah lain adalah ....
- a. membuat berbagai pakaian tradisional
- b. mengundang para budayawan daerah
- c. menyaksikan pertunjukan kesenian daerah lain
- d. membangun gedung-gedung kesenian
17. Ketika kamu berada di lingkungan dengan suku, budaya, ras, dan agarna yang berbeda maka sikap yang kamu lakukan adalah ....
- a. mengembangkan sikap tenggang rasa
- b. acuh tak acuh
- c. bersikap apatis
- d. menutup diri
18. Perilaku kebangsaan dalam keberagaman agama akan membawa dampak yang positif pada kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Hali ini ditunjukkan pada sikap seperti ....
- a. orang akan taat beribadah kepada Tuhan
- b. menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
- c. menyebarkan ajaran agama masing-masing
- d. membayarkan kewajiban kepada negara
19. Perilaku toleransi dalam keberagaman beragama yang dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat adalah ....
- a. adanya sikap fanatisme yang berlebihan
- b. memberi bantuan kepada orang lain tanpa membedakan agama
- c. membatasi warga negara dalam menjalankan ibadahnya
- d. melaksanakan dan memahami ajaran agama lain
20. Berikut ini yang tidak termasuk keberagaman budaya di Indonesia, adalah...
- a. kepercayaan
- b. bahasa daerah
- c. rumah adat
- d. semboyan Negara
21. Berikuti ini yang menunjukkan wujud sikap menghormati dan menghargai budaya daerah lain adalah ....
- a. bersikap negatif terhadap budaya lain
- b. bersikap positif terhadap budaya lain
- c. menonjolkan budaya daerah sendiri
- d. hanya menikmati budaya daerah sendiri
22. Sebagai bangsa yang memiliki keberagaman budaya, pendidikan multikultural sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan ....
- a. kepribadian bangsa berdasarkan budaya baru
- b. sikap toleransi terhadap perbedaan dalam masyarakat
- c. perbedaan-perbedaan kebudayaan yang berkembang
- d. budaya lokal yang ada agar tidak memudar
23. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk. Kemajemukan masyarakat Indonesia ditandai dengan adanva ....
- a. besarnya jumlah penduduk Indonesia
- b. strategisnya letak wilayah Indonesia
- c. luasnya wilayah negara Indonesia
- d. banyaknya suku, agama, ras, dan budaya
24. Keberagaman masyarakat Indonesia berdasarkan suku bangsa dan budaya merupakan akibat dari perbedaan ....
- a. pengaruh budaya asing
- b. Iatar belakang historis
- c. kondisi geografis Indonesia
- d. potensi sumber daya alam
25. Manakah berikut ini yang bukan termasuk faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia ....
- a. letak strategis wilayah Indonesia
- b. kondisi negara kepulauan
- c. perbedaan kondisi alam
- d. transportasi yang mudah
0 Komentar untuk "Latihan Soal PPKn Materi Keberagaman"