Belajar Demokrasi dengan Menyukseskan Pilketos MTs N Babakan Masa Bakti 2014-2015

Setelah melakukan orasi untuk memaparkan visi dan misinya tepat usai upacara Sumpah Pemuda 28 Oktober, tiga pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS diadu dalam pemungutan suara. Pemilihan umum yang dilaksanakan dengan sistem langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil ini diorganisir oleh Pengurus OSIS Masa Bakti 2013-2014 yang saat ini telah menapaki tingkat kelas IX menjelang purna bakti.


Menurut Bapak Wahidin selaku Kepala MTs Negeri Model Babakan, bahwa momen ini merupakan upaya untuk mendapatkan pemimpin yang "Pinter, Kober, dan Bener". Pinter berarti mempunyai kemampuan administrasi diatas rata-rata. Sebab, kegiatan OSIS akan sering memakan waktu dan meninggalkan jam pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan anak yang pinter agar tidak ketinggalan materi pelajaran. "Kober" dalam bahasa Jawa mempunyai arti sempat. Jadi, diharapkan selain pinter, anak tersebut juga bisa meluangkan dan memanajemen waktu untuk memimpin organisasi. Sedangkan bener, berarti bisa memilih yang baik dalam membuat keputusan dan melakukan tindakan.

Ditambahkan pula oleh Pembina OSIS MTs Negeri Babakan, H. Bambang Heri S., S.Ag, bahwa Pemilu Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini merupakan ajang bagi peserta didik untuk berlatih demokrasi. Diharapkan setelah lulus dari MTs Negeri Babakan, alumni sudah familier dengan kegiatan pemungutan suara dan bisa bersikap dewasa dalam berdemokrasi.

Acara yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 29 Oktober 29014 di Aula MTs Negeri Model Babakan diikuti 1166 anak dari 1243 yang terdaftar sebagai peserta didik kelas 7, 8 dan 9 baik putra maupun putri. Adapun hasil pemungutan suara Pemilihan Ketua OSIS Masa Bakti 2014-2015 yang diikuti oleh Tiga Pasangan Calon, yaitu:
  1. Amaliah Afifah dan M. Naufal Arkan mendapat suara 184;
  2. M. Ghoyyatsy Subhan dan Bella Dina M. S memperoleh suara 759;
  3. Ade Bagus Setiawan dan Annizatul Liza Mei mendapat suara 169.

Suara tidak sah atau rusak berkisar diangka 54 dan yang tidak menggunakan suara 77. Besarnya angka Peserta Didik yang tidak menggunakan suara dikarenakan data dalam Daftar Pemilih belum diverifikasi dengan kondisi di lapangan yang sebagian kondisi anak sudah pindah dan tidak lagi menjadi murid MTs Negeri Model Babakan.

Berdasarkan rapat pemungutan suara tersebut, maka ditentukan Ketua dan Wakil Ketua OSIS MTs Negeri Model Babakan Masa Bakti 2014-2015 adalah M. Ghoyyatsy Subhan dan Bella Dina M. S.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Belajar Demokrasi dengan Menyukseskan Pilketos MTs N Babakan Masa Bakti 2014-2015"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top