Soal Latihan Berbudi Pekerti Luhur Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila

1. Manusia Indonesia percaya akan keberadaan Tuhan sebagai sang Pencipta dan pengatur kehidupan alam seisinya. Hal ini tercermin dalam nilai luhur Pancasila yang memuat nilai pokok ketuhanan, yaitu …
  • sila kesatu
  • sila kedua
  • sila ketiga
  • sila kelima
2. Nilai-nilai kemanusiaan harus dijunjung tinggi, manusia sederajat dan harus diberlakukan adil dan beradab. Hal ini tercermin dalam nilai luhur Pancasila yang memuat nilai pokok ketuhanan, yaitu …
  • sila kesatu
  • sila kedua
  • sila ketiga
  • sila kelima
3. Rakyat sebagai pemilik dan pemegang kedaulatan negara serta musyawarah perlu dijunjung tinggi. Hal ini tercermin dalam Nilai luhur Pancasila yang memuat nilai pokok ketuhanan, yaitu …
  • sila kesatu
  • sila ketiga
  • sila kedua
  • sila keempat
4. Sikap yang dalam pelaksanaan maupun hasilhasilnya berdasarkan nilai-nilai Pancasila disebut sikap …
  • negatif terhadap nilai-nilai Pancasila
  • positif terhadap nilai-nilai Pancasila
  • mulia dan terpuji
  • baik dan benar
5. Berikut ini sikap dan perilaku positif nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa sehubungan dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka, kecuali …
  • melaksanakan kewajibandalam keya-kinannyaterhadapTuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab
  • membina kerja sama dan tolong-menolong dengan pemeluk agama lain sesuai dengan situasi dan kondisi di lingkungan masing-masing
  • mengembangkan toleransi antarumat beragama menuju terwujudnya ke-hidupan yang serasi selaras, dan seimbang
  • memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain
6. Sikap dan perilaku positif menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sehubungan dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka dapat ditunjukan dalam sikap …
  • mengakui persamaan derajat, hak, dan kewajiban asasi setiap manusia tanpa membedakan suku, agama, ras, kedudukan sosial, dan sebagainya
  • mencintai tanah air dan bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia
  • mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika
  • memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa
7. Berikut ini sikap dan perilaku positif menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan Indonesia sehubungan dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka, kecuali …
  • gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, seperti menolong orang lain, menolong korban banjir, dan lain sebagainya
  • mencintai tanah air dan bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia
  • mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika
  • memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa
8. Mengembangkan sikap gotong-royong dan kekeluargaan dengan lingkungan masya-rakat sekitar merupakan sikap dan perilaku positil menjunjung tinggi nilai-nilai …
  • Ketuhanan
  • keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  • kemanusiaan
  • persatuan Indonesia
9. Sikap berikut ini merupakan perwujudan dari nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, yaitu ...
  • tidak memaksakan agama atau kepercayaan kepada orang lain
  • bersikap adil
  • menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
  • menghormati hak-hak orang lain
10. Sikap berikut ini merupakan perwujudan dari nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, kecuali …
  • bersikap adil
  • menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
  • menghormati hak-hak orang lain
  • tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
11. Bagi bangsa Indonesia, yang dijadikan sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah …
  • UUD 1945
  • Pancasila
  • Proklamasi
  • GBHN
12. Pancasila sebagai dasar moral atau norma dan tolak ukur tentang baik buruk dan benar salahnya sikap, perbuatan dan tingkah laku sebagai bangsa Indonesia. Hal ini berarti bahwa Pancasila sebagai …
  • sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
  • peraturan dalam tata negara kita
  • undang-undang yang mengatur kehidupan masyarakat
  • sumber hukum
13. Nilai-nilai Pancasila merupakan nilai in-trinsik yang kebenarannya dapat dibuk-tikan secara objektif, serta mengandung kebenaran yang …
  • khusus
  • sementara
  • relatif
  • universal
14. Di dalam bertutur kata, bersikap, dan berperilaku kita harus setalu sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. karena nilai-nilai Pancasila tersebut menjadi sumber …
  • hukum dalam bertutur kata, bersikap, dan berperilaku di masyarakat
  • hukum tertinggi dalam berperilaku di masyarakat
  • inspirasi dan cita-cita untuk diwujudkan dalam kehidupan bermasyara kat, berbangsa dan bernegara
  • peraturan dan tata tertib yang berlaku di masyarakat
15. Berikut ini yang bukan pentingnya pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terutama dalam bertutur kata, bersikap, dan berperilaku sehari-hari, adalah…
  • untuk menjaga kerukunan dalam kehidupan bersama di masyarakat
  • untuk menjaga hubungan yang baik dan harmonis dengan negara tetangga
  • untuk menjaga kedamaian dalam kehidupan bersama di masyarakat
  • untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
16. Apabila kita dalam bertutur kata dengan orang lain selalu dapat bersikap sopan dan beretika,maka akan tercipta suasana berikut, kecuali …
  • saling menghormati
  • saling menghargai
  • saling bersaing
  • damai dan rukun
17. Berikut ini yang bukan merupakan perwujudan nyata nilai-nilaiyang terkandung dalam Pancasila, adalah…
  • gemar menolong orang lain
  • mengutamakan kepentingan golongan dan kelompoknya
  • menjaga kerukunan dan persatuan bangsa
  • menghormati pendapat orang lain dan bersikap demokratis
18. Rajin beribadah dan menjalankan ajaran agama sesuai dengan agama dan kepercayaannya. Hal tersebut merupakan perwujudan nyata nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu sila …
  • kesatu
  • kedua
  • keempat
  • kelima
19. Menghormati pendapat orang lain dan bersikap demokratis. Hal tersebut merupakan perwujudan nyata nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu sila …
  • kesatu
  • kedua
  • keempat
  • kelima
20. Bersikap adil terhadap orang lain. Hal tersebut merupakan perwujudan nyata nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu sila …
  • kesatu
  • kedua
  • keempat
  • kelima
21. Pancasila dipergunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia baik dari segi sikap maupun perilaku. Hal ini berarti bahwa Pancasila sebagai …
  • pandangan hidup bangsa
  • sumber hukum
  • sumber dari segala sumber hukum
  • dasar negara
22. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsasebenarnya merupakan perwujudan dari …
  • nilai-nilai budaya Barat yang kita contoh dan ikuti
  • nilai-nilai budaya asing yang disesaikan dengan budaya bangsa Indonesia
  • nilai-nilai budaya luar yang masuk karena pengaruh globalisasi
  • nilai-nilai budaya milik bangsa lndonesiasendiri yang diyakini kebaikan dankebenarannya
23. Pancasila merupakan acuan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan berne-gara. Oleh karena itu, kita wajib …
  • mempelajari dan memahami teori nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  • menghafalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  • mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  • mendiskusikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
24. Pembiasaan sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sangat penting karena ...
  • sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila harus menyesuaikan dengan budaya luar
  • sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila berbeda dengan budaya dari luar
  • perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila cepat ketinggalan zaman
  • Pancasila merupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia
25. Salah satu contoh menerapkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di sekolah terutama sila keempat, yaitu ...
  • berteman dengan semua teman di sekolah tanpa membedakan suku bangsa dan agamanya
  • menaati tata tertib sekolah
  • membiasakan bermusyawarah dalam menyelesaikan berbagai persoalan bersama di sekolah
  • tidak menyontek ketika ulangan
26. Berikut ini yang bukan merupakan contoh perilaku dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah, adalah...
  • ikut serta dalam kegiatan pos ronda dan kerja bakti membersihkan lingkungan
  • mengerjakan tugas sekolah dari guru dengan baik
  • tidak menyontek ketika ulangan
  • berteman dengan semua teman di sekolah tanpa membedakan suku bangsa dan agamanya
27. Di dalam pergaulan dan interaksi sosial dengan orang lain kita harus dapat berperilaku yang baik. Berperilaku yang baik maksudnya …
  • setiap tutur kata, sikap dan tindakan kita sesuai dengan perkembangan zaman
  • setiap tutur kata, sikap dan tindakan kita sesuai dengan gaya hidup remaja masa kini
  • setiap tutur kata, sikap dan tindakan kita untuk kepentingan dan keuntungan diri kita sendiri
  • d. setiap tutur kata, sikap dan tindakan kita di dalam pergaulan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
28. Berikut ini beberapa contoh sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila di lingkungan pergaulan, kecuali ...
  • menghargai pendapat teman
  • menaati tata tertib sekolah
  • mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan masalah dengan teman
  • bekerja sama dan gotong royong dengan teman dalam hal kebaikan
29. Di dalam lingkungan masyarakat pelaksanaan nilai-nilai luhur Pancasila dalam sikap perilaku dan cara bertutur kata sangat penting karena …
  • di masyarakat kita bergaul dan berinteraksi dengan orang lain yang memiliki karakter, sifat, watak, dan kepribadian yang sama
  • di masyarakat kita bergaul, berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain yang memiliki karakter, sifat, watak. dan kepribadian yang berbeda-beda
  • masyarakat kita bergaul dan berinteraksi dengan orang lain yang memiliki karakter yang sama
  • masyarakat kita bergaul dan berinteraksi dengan orang lain yang memiliki sifat dan watak yang sama
30. Berikut ini beberapa contoh sikap dan perilakuyang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila yang dapat kitalakukan dalam masyarakat, kecuali …
  • di dalam kehidupan bersama di masyarakat saling mengutamakan kepentingan pribadi, dan kelompoknya
  • menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat sekitar dengan musyawarah, misalnya melalui rapat RT atau rapat di balai desa
  • untuk menjaga keamanan bersama, setiap warga ikut serta dalam kegiatan pos ronda
  • mengikuti kegiatan kerja bakti dan gotong-royong dengan baik yang diadakan di lingkungan masyarakat sekitar kita
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Soal Latihan Berbudi Pekerti Luhur Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top