Melatih Warga MTs N Babakan Berbagi Melalui Kurban di Idul Adha

Salah satu ibadah yang bersifat wajib bagi kaum muslimin yang mampu secara finansial (keuangan) adalah melaksanakan "kurban". Ibadah yang secara hukum Islam tergolong sunah muakad (Sunah yang ditegaskan dan hampir wajib) tersebut bisa dilaksanakan selama Empat hari terhitung setelah melaksanakan sholat sunah Idul Adha yaitu pada tanggal 10 hingga 13 Dzulhijah. Adapun hewan yang dikorbankan merupakan hewan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat banyak, diantaranya: Kerbau, Sapi, Kuda, Domba, Kambing, Onta, dll.

Berkaitan dengan kurban, MTs Negeri Model Babakan telah melaksanakan Latihan Penyembelihan Hewan Kurban yang dilakukan pada hari Sabtu tanggal 26 September 2015. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memotivasi warga MTs Negeri Babakan untuk melaksanaknnya secara mandiri dan menerapkannya pada kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Pada acara latihan penyembelihan hewan kurban di MTs N Model Babakan terdiri dari dua jenis, yaitu:
  1. Sapi dengan jumlah Dua ekor;
  2. Kambing dengan jumlah Satu ekor.
Dua ekor sapi kurban diatasnamakan bagi 14 warga MTs N Model Babakan, yaitu:
  • Guru:
  1. Bapak Abdul Kharis, S.Ag (Guru Fiqih);
  2. Bapak Sodikin, S.Pd (Guru IPA).
  • Untuk Staf Tata Usaha
  1. Atas nama Bapak Washari.
  • Adapun daftar atas nama kurban Peserta Didik MTs N Model Babakan adalah sebagai berikut:
  1. Nilnalminnah (Kelas 9 E);
  2. Syifa Ibnu Syamsuri (Kelas 9 FDS 1);
  3. Mutiara Alhadits (Kelas 7 I);
  4. Lutfatunnisa (Kelas 9 H);
  5. M. Iqbal Maulana (Kelas 9 D);
  6. Fani Qoutrunnada (Kelas 9 H);
  7. Alfi Nur Silmi Ubaedi (Kelas 8 E);
  8. Irkham Syifa'ul Qulub (Kelas 8 FDS 1);
  9. M . Faza Nadif Zamzami (Kelas 8 FDS 1);
  10. Nurul Fadiya Latifa;
  11. Fikal Ali Al - Amin.
Disaksikan Guru MTs N Model Babakan, Staf TU, dan ratusan peserta didik MTs Negeri Babakan penyembelihan kurban berlangsung lancar diiringi suara takbir mengagungkan Asma Allah. Tempat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban berada di lapangan antara Ruang Aula dan Ruang Makan.

Setelah penyembelihan, kegiatan berikutnya adalah pemotongan daging yang kemudian dikemas dan didistribusikan pada sebagian Peserta Didik MTs Negeri Model Babakan yang berkriteria yatim dan/atau piatu, peserta didik yang memperoleh memperoleh BSM, Guru dan Staf TU, serta lingkungan madrasah. Selain itu, daging kurban juga diberikan kepada yayasan ataupun lembaga di lingkungan MTs N Model Babakan, diantaranya Panti Asuhan Desa Lebakgowah, Pondok Pesantren Ma`hadut Tholabah, dan masyarakat sekitar.
Semoga tujuan dari kegiatan Latihan Penyembelihan Kurban yang merupakan rangkaian Peringatan Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah bisa menambah semangat warga MTs Negeri Model Babakan untuk mengaplikasikan ibadah ini di lingkungan masyarakat masing-masing.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Melatih Warga MTs N Babakan Berbagi Melalui Kurban di Idul Adha"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top