Perjusa MTs N Model Babakan Tahun 2015

Pelaksanaan kegiatan Perjusa MTs N Model Babakan Tahun 2015 dibuka dengan upacara sekaligus memperingati Hari Jadi Pramuka Indonesia oleh Kepala Mabigus, yaitu Kak Drs. H. Mukhlasin, M.Pd pada hari Jum`at tanggal 14 Agustus 2015 pukul 13.30 – 14.30 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 445 peserta didik kelas VII dari 11 kelas sebagai tamu Penggalang ditambah Dewan Penggalang dari kelas VIII dan IX.

Setelah membaca sambutan, Ka Mabigus menyematkan TKU dan TKK pada sebagian Peserta Perjusa Kelas VIII. Usai upacara peserta perjusa dipersilahkan istirahat, sholat Ashar, dan mempersiapkan lomba yang akan diikutinya. Tepat pukul 15.30 peserta lomba dikumpulkan dalam ruang sesuai dengan jenis lomba yang diikutinya. Adapun ruangan yang disediakan untuk pelaksanaan lomba adalah sebagai berikut:
  • Ruang Kelas IX A : Lomba Pidato Bahasa Inggris;
  • Ruang Kelas IX B : Lomba Pidato Bahasa Indonesia;
  • Ruang Kelas IX C : Lomba Pidato Bahasa Arab;
  • Ruang Kelas IX D : Lomba Kaligrafi;
  • Ruang Kelas VIII C : Lomba Master Scout dan Materi Tekpram (Sejarah Pramuka, Semapur, Sandhi);
  • Ruang Kelas VIII D : Lomba MTQ.
Sedangkan untuk peserta Perjusa yang tidak mengikuti lomba diberi kesempatan untuk memotivasi temannya mengikuti lomba atau mengikuti game (permainan). Kegiatan lomba maupun permainan berlangsung hingga pukul 17.30 WIB dan dilanjutkan istirahat.

Setelah istirahat, kegiatan Peserta Perjusa adalah sholat Maghrib berjamaah didampingi oleh pembina dan bertempat di Musholla untuk Putri dan Ruang Makan untuk Putra. Acara selanjutnya adalah makan malam dan dilanjutkan sholat Isya berjamaah.

Usai sholat Isya berjamaah, dilakukan pembekalan materi penjelajahan dan persiapan pelaksanaan Api Unggun oleh sebagian Dewan Penggalang. Pukul 20.30 dimulai acara Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka dan bertindak sebagai Pembina Kak Ahmad Zahid, S.Ag., M.Ed.

Nyala Api Unggun menandai berkahirnya Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka sekaligus dimulainya Pentas Seni. Selain sebagai media berekspresi, pentas seni juga mampu memotifasi kreatifitas peserta perjusa dan menjadi sarana mempererat hubungan kekeluargaan diantara anggota pramuka di lingkungan Gudep MTs N Model Babakan Lebaksiu. Adapun pertunjukkan seni yang ditampilkan berupa: nyanyian, drama, puisi, dan tarian. Tepat pukul 22.00 acara diakhiri dan peserta perjusa kelas VII dipersilahkan untuk istirahat.

Dini hari pukul 02.30 seluruh peserta perjusa dibangunkan dan melaksanakan Sholat Malam berjamaah serta Renungan Suci yang dipimpin oleh Kak H. Bambang H.S., S.Ag. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman MTs N Model Babakan (Lapangan Basket) dan dilakukan secara bersamaan antara putra yang berada di shof depan dan putri pada shof belakang. Selesai Renungan Suci yang bertemakan Bakti kepada Orang Tua dilanjutkan dengan sholat Subuh berjamah.

Menjelang matahari terbit, peserta perjusa dipandu oleh dewan penggalang melakukan senam pramuka bersama hingga pukul enam pagi. Usai senam, peserta kemudian sarapan pagi dan melakukan persiapan Wide Game atau penjelajahan.

Tepat pukul 08.00 kegiatan Penjelajahan dimulai dengan menempuh 10 pos uji materi, diantaranya: Semapur, Keagamaan, Peduli Gudep, PBB, Yel-Yel, Sandi, Halang Rintang, Sejarah Pramuka, Tali-Temali, dan Permainan. Rute kegiatan meliputi dua wilayah, yaitu Desa Lebakgowah dan Dukuh Babakan (Desa Jatimulya) dengan medan perkampungan dan sawah yang pemandangannya masih asri.

Selisih dua jam acara wide game berakhir dengan kembalinya beberapa regu secara berangsur-angsur hingga keseluruhan. Sambil beristirahat menyantap makanan dan minuman, peserta berbenah membersihkan serta merapikan diri sekaligus memberesi barang bawaan. Mereka juga merapikan kembali meja dan kursi dalam ruang kelas yang telah ditempati untuk istirahat selama Perjusa.

Pukul 10.30 WIB dilakukan Upacara Penutupan yang dipimpin oleh Kak Drs. H. Mukhlasin, M.Pd yang sekaligus melantik kelas VII menjadi anggota Penggalang Ramu Gudep MTs N Model Babakan Lebaksiu Tegal. Sebelum upacara dibubarkan, diumumkan juga hasil kejuaraan lomba dengan rincian sebagai berikut:

DAFTAR PEMENANG LOMBA PERKEMAHAN JUM`AT SABTU (PERJUSA)
KELAS VII MTS NEGERI MODEL BABAKAN LEBAKSIU TEGAL
TAHUN 2015
  • PIDATO BAHASA INGGRIS
  1. Juara I dengan nilai 315 diraih oleh Emfa Falah Kelas VII FDS
  2. Juara II dengan nilai 310 diraih oleh Marina Nur Hanif Kelas VII FDS
  • PIDATO BAHASA INDONESIA
  1. Juara I dengan nilai 368 diraih Akhmad Hidan Ali Kelas VII B
  2. Juara II dengan nilai 363 diraih oleh Ilham Maniz Kelas VII B
  • PIDATO BAHASA ARAB
  1. Juara I dengan nilai 240 diraih oleh Dwi Nisrina Khumaeroh Regu MATAHARI
  2. Juara II dengan nilai 238 diraih oleh Aeni Nadhifah Regu   BUEGENFIL 1
  • KALIGRAFI
  1. Juara I dengan nilai 320 diraih oleh Talullah Az-Zahra Kelas VII H Regu MATAHARI
  2. Juara II dengan nilai 308 diraih oleh Ferdy Kelas VII C Regu HARIMAU 2
  • MASTER SCOUT
  1. Juara I diraih Salsabila Ayu Kelas VII F
  2. Juara II diraih Gaitsa Farah Kelas VII FDS 2
  • MTQ
  1. Juara I dengan nilai 340 diraih Ayu Aenul Melati 1
  2. Juara II dengan nilai 335 diraih M. Akmal Kelas VII D Regu   SCORPIO 3
  • REGU TERBAIK PUTRA
  1. Juara I PA dengan nilai 550 diraih Regu SCORPIO 4 Kelas VII D
  2. Juara II PA dengan nilai 495 diraih Regu SINGA 2
  3. Juara III PA dengan nilai 490 diraih Regu RAJAWALI 4
  • REGU TERBAIK PUTRI
  1. Juara I PI dengan nilai 545 diraih Regu MATAHARI 3
  2. Juara II PI dengan nilai 470 diraih Regu TERATAI 3
  3. Juara III PI dengan nilai 430 diraih Regu MAWAR 4
Selain penyerahan hadiah bagi juara lomba, kegiatan penutupan juga diisi dengan pemberian santunan berupa alat tulis kepada 28 peserta Perjusa. Semoga kegiatan Perjusa Pramuka MTs N Model Babakan Lebaksiu Tahun ajaran 2015 – 2016 bermanfaat bagi semua pihak.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Perjusa MTs N Model Babakan Tahun 2015"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top