Makna Nasionalisme dan Patriotisme Indonesia

Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai golongan, suku, ras, dan agama yang tersebar di seluruh wilayah tanah air dengan letak geografis dan karakter yang berbeda. Hal ini menuntut perjuangan keras untuk menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan bangsa. Oleh karena itu, menjaga persatuan dan kesatuan menjadi kewajiban seluruh rakyat Indonesia untuk menghadapi segala tantangan dan mengatasi masalah.


Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus memiliki rasa tanggung jawab yang besar dalam menjaga persatuan dan kesatuan dengan berperan aktif dan positif dalam kehidupan bernegara. Salah satu sikap kita sebagai harapan tercapainya masa depan Indonesia yang adil dan makmur dalam bingkai persatuan dan kesatuan adalah memiliki keterampilan bernegara.

Keterampilan bernegara yang dimaksud salah satunya adalah mampu mewujudkan perilaku menghargai dan toleran terhadap keberagaman bangsa Indonesia, memiliki semangat kebangsaan, memahami makna nasionalisme, dan patriotisme, serta mengamalkannya.

Makna Nasionalisme dan Patriotisme

Pada penjabaran makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tidak terlepas dari pemahaman nasionalisme dan patriotisme. Nasionalisme merupakan paham yang meletakkan kesetiaan tertinggi individu kepada negara dan bangsanya. Artinya, bahwa individu sebagai warga negara harus memiliki sikap atau perbuatan mencurahkan segala tenaga dan pikirannya demi kemajuan, kehormatan serta tegaknya kedaulatan negara dan bangsa. Adapun patriotisme adalah sikap yang bersumber dari perasaan cinta tanah air (semangat kebangsaan atau nasionalisme), sehingga menimbulkan kerelaan berkorban untuk bangsa dan negaranya.

a. Makna Nasionalisme Indonesia

Nasionalisme Indonesia adalah nasionalisme berdasarkan Pancasila yang selalu menempatkan kepentingan bangsa dan negara Indonesia di atas kepentingan pribadi dan golongan. Nasionalisme Indonesia adalah perasaan bangga/cinta terhadap bangsa dan tanah airnya dengan tidak memandang bangsa lain lebih rendah derajatnya. Dalam membina nasionalisme harus dihindarkan paham kesukuan chauvinisme, ekstrimisme, kedaulatan yang sempit. Pembinaan nasionalisme juga perlu diperhatikan paham kebangsaan yang mengandung pengertian persatuan dan kesatuan Indonesia, artinya persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia.

b. Makna Patriotisme Indonesia

Patriotisme diartikan sebagai semangat/jiwa cinta tanah air yang berupa sikap rela berkorban untuk kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia. Patriotisme tidak hanya cinta kepada tanah air yang ada di lingkungan sekitar kita saja saja, tapi juga cinta terhadap unsur-unsur lain yang terkait dengan keberadaan bangsa dan negara Indonesia. Kecintaan terhadap tanah air tidak hanya ditampilkan saat bangsa Indonesia dijajah, tetapi juga diwujudkan dalam mengisi kemerdekaan. Ciri-ciri patriotisme, antara lain sebagai berikut.
  1. Cinta tanah air Indonesia.
  2. Rela berkorban untuk kepentingan nusa dan bangsa.
  3. Menempatkan persatuan, kesatuan dan keselamatan bangsa dan negara Indonesia di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  4. Bersifat pembaharuan.
  5. Tidak kenal menyerah.
  6. Bangga sebagai bangsa Indonesia.

Arti Penting Nasionalisme dan Patriotisme Indonesia

Nasionalisme dan patriotisme sangat penting bagi kelestarian kehidupan bangsa Indonesia. Hal ini berkaitan erat dengan kondisi:
  1. Masyarakat Indonesia yang majemuk dan beranekaragam dalam suku, ras, golongan, agama, budaya dan wilayah sehingga untuk mempersatukannya dibutuhkan Nasionalisme dan Patriotisme.
  2. Kondisi geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan di sepanjang Nusantara terletak pada posisi silang yang dapat mengandung kerawanan bahaya dari negara lain. Di sini Nasionalisme dan Patriotisme diperlukan untuk menciptakan suasana peduli pada seluruh elemen bangsa dan negara.
  3. Adanya bahaya disintegrasi (perpecahan bangsa) dan gerakan separatisme (gerakan untuk memisahkan diri dari suatu bangsa) serta radikalisme/ekstrimisme (gerakan yang dilakukan untuk mencapai sesuatu dengan cara keras, arogan, dan terkadang tidak manusiawi). Peran penting Nasionalisme dan Patriotisme di sini sangat penting sebagai bentuk tindakan preventif atau pencegahan terhadap doktrin disintegrasi, sparatisme, radikalisme ataupun ekstrimisme.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makna Nasionalisme dan Patriotisme Indonesia"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top