Perwujudan Patriotisme dan Nasionalisrne dalam Kehidupan

Pengertian nasionalisme atau semangat kebangsaan merupakan perpaduan atau sinergi dari rasa kebangsaan dan paham kebangsaan. Dengan semangat kebangsaan yang tinggi, kekhawatiran akan terjadinya ancaman terhadap keutuhan dan kesatuan bangsa akan dapat dielakkan. Dari semangat kebangsaan akan mengalir rasa kesetiakawanan sosial, semangat rela berkorban, dan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme. Rasa kesetiakawanan sosial akan mempertebal semangat kebangsaan suatu bangsa. Semangat rela berkorban adalah kesediaan untuk berkorban demi kepentingan yang besar atau demi negara dan bangsa telah mengantarkan bangsa Indonesia untuk merdeka.

Bangsa Indonesia merupakan masyarakat multikultral yang memiliki keberagaman serta keanekaragaman kekayaan alam yang melimpah. Kondisi tersebut harus kita syukuri dengan cara menjaganya serta melestarikan. Kita semua berusaha dengan keanekaragaman dan kebhinnekaan tersebut dapat semakin memperkuat dan memperkokoh semangat kebangsaan kita dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia demi mempertahankan dan mengisi kemerdekaan NKRI

Sikap patriotisme dan nasionalisme dapat diwujudkan dalam berbagai lingkungan kehidupan, antara lain sebagai berikut:

1) Lingkungan Keluarga

Jiwa dan semangat patriotisme dapat ditanamkan dan dimulai di lingkungan keluarga yang bisa dilakukan dengan berbagai cara berbuat baik di lingkungan untuk menjaga nama baik keluarga, melestarikan ketenteraman keluarga, membantu meringankan beban keluarga, dan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

2) Lingkungan Sekolah/Madrasah

Berbagai macam tingkah laku atau kegiatan yang mengacu pada nilai kesopanan dan kebaikan, baik terhadap guru, karyawan maupun teman, mengikuti upacara dengan tertib. Menjadi anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), menjaga nama baik sekolah, menjadi tim olahraga madrasah, menghindari tawuran pelajar, menjaga kebersihan dan ketertiban sekolah, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler resmi madrasah, dan lain sebagainya.

3) Lingkungan Masyarakat

Sikap patriotisme di masyarakat dapat ditumbuhkan dan dilaksanakandengan cara menjaga keamanan lingkungan, menaikkan bendera di depan rumah pada hari besar nasional, membersihkan lingkungan, aktif dalam kegiatan desa dan ikut membela negara bila diperlukan.

4) Lingkungan Bangsa dan Negara

Beberapa contoh penerapan jiwa dan semangat nasionalisme serta patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, antara lain sebagai berikut:
  • Membayar pajak secara tertib.
  • Menjaga fasilitas-fasilitas umum, seperti halte, terminal, telpon umum.
  • Mengharumkan nama bangsa dalam dunia internasional, misalnya menjadi juara dalam lomba tingkat internasional.
  • Memberikan sumbangan devisa bagi negara, misalnya TKI yang berkerja di luar negeri, pengusaha yang membawa keuntungan perusahaannya di luar negeri ke Indonesia.
  • Berpartisipasi aktif dalam ikut memberantas korupsi dan kolusi serta nepostisme sesuai dengan aturan yang berlaku.
  • Selalu berjiwa untuk tanah air dan mendahulukan kepentingan tanah air.
  • Memiliki jiwa solidaritas dan kesetiakawanan dari semua lapisan masyarakat dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan melalui pembangunan.
  • Memiliki jiwa toleransi dan tenggang rasa antar agama, suku, golongan, dan bangsa.
  • Memiliki jiwa tanpa pamrih dan bertanggung jawab dalam mempertahankan serta mengisi kemerdekaan sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing.
  • Memiliki semangat menantang dominasi asing dalam segala bentuk perjanjian diantaranya ekonomi, politik, sosial budaya, dan lain-lain.
  • Memiliki semangat berkorban baik harta maupun jiwa demi mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan.
  • Memiliki semangat tahan uji dan tahan derita dalam mempertahankan serta mengisi kemerdekaan agar tidak tertinggal oleh bangsa lain.
  • Memiliki semangat persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.
  • Memiliki semangat percaya diri sendiri dalam mepertahankan dan mengisi kemerdekaan untuk mengejar bangsa lain yang lebih maju.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Perwujudan Patriotisme dan Nasionalisrne dalam Kehidupan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top